Hubungan metabolisme lemak dan karbohidrat dalam tubuh manusia pdf

Hati dapat mengatur kadar glukosa dalam darah atas bantuan hormon insulin yang dikeluarkan oleh kelenjar pankreas. Mekanisme reaksi glikogenesis juga merupakan jalur metabolisme umum untuk biosintesis disakarida dan polisakarida.

Hubungan Metabolisme Karbohidrat Lemak Dan Protein Pdf

Dalam proses repirasi, karbohidrat merupakan molekul pertama yang menjadi substrat respirasi, Jika karbohidrat habis maka baru lemak yang akan dioksidasi. Akhirnya asetil KoA masuk ke dalam rangkaian siklus asam sitrat untuk dikatabolisir menjadi energi. Selanjutnya dengan adanya KoA-SH, asetil lipoamid akan diubah menjadi asetil KoA, dengan hasil sampingan berupa lipoamid tereduksi.

Pankreas Rusak Penybab Diabetes. Hal ini dikarenkan lemak memiliki lebih banyak rantai hidrogen. Keterkaitan anabolisme karbohidrat, lemak, dan protein di dalam tubuh merupakan reaksi kebalikan dari reaksi katabolisme. Jika jumlah glukosa melampaui kebutuhan, maka dirangkai menjadi glikogen untuk cadangan makanan melalui proses glikogenesis.

Dengan demikian untuk mengubah satu molekul piruvat menjadi fosfoenolpiruvat diperlukan energi sebanyak satu ATP plus satu GTP dan melibatkan paling sedikit empat macam enzim.

Dalam tubuh galaktosa diperlukan bukan hanya untuk sintesis laktosa, tetapi juga untuk membuat serebrosida, proteoglikan dan glikoprotein. Karbohidrat terdiri dari karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Suksinat mengalami dehidrogenasi menjadi fumarat dengan peran suksinat dehidrogenase yang mengandung FAD.

Hiperglisemia merangsang terjadinya gejala glukosuria, yaitu ketidakmampuan ginjal untuk menyerap kembali glukosa yang telah mengalami filtrasi melalui sel tubuh. Pemecahan lemak menjadi energi akan menghasilkan energi lebih banyak dibanding glukosa 9,2kkal.

Juga disebut jalur metabolisme Emden-Meyergoff dan sering diartikan pula sebagai penguraian glukosa menjadi piruvat. Dari diagram dapat dilihat bahwa glukosa bisa diubah menjadi galaktosa. Glikogen primer selanjutnya dapat terbentuk pada primer protein yang dikenal sebagai glikogenin.

Enzim tambahan yang diperlukan dalam proses ini selain dari enzim-enzim dalam kedua jalur diatas adalah: Kadar glukosa yang tinggi merangsang pembentukan glikogen dari glukosa, sintesis asam lemak dan kolesterol dari glukosa. Hidroksietil TDP bertemu dengan lipoamid teroksidasi, suatu kelompok prostetik dihidroksilipoil transasetilase untuk membentuk asetil lipoamid, selanjutnya TDP lepas.

Hidrolisis pirofosfat inorganic berikutnya oleh enzim pirofosfatase inorganik akan menarik reaksi kea rah kanan persamaan reaksi 5. Pada keadaan tanpa oksigen anoksia atau kekurangan oksigen hipoksia terjadi hambatan total pada siklus tersebut. Reaksi ini dikatalisir oleh enzim glikogen sintase.

Bandung Sandjaja, dkk. Data sekunder meliputi nama, umur, jenis kelamin, diperoleh dari buku status atau catatan medis pasien. Sedangkan asam amino seperti fenilalanin, tirosin, leusin, isoleusin dan lisin diubah menjadi asetil ko A untuk selanjutnya mengikuti jalur respirasi.

Asam amino ini dapat masuk ke jalur respirasi melalui cara transaminasi pemindahan gugus amin-NH2 maupun deaminasi pembuangan gugus amin. Sintesis laktosa dalam mamma terjadi dengan jalan kondensasi UDP-galaktosa dengan glukosa dan dikatalisis enzim laktosa sintetase.

Sedangkan katabolisme asam heksanoat dengan jumlah karbon yang sama dengan glukosa 6 karbon menghasilkan 44 ATP, sehingga jumlah energi yang dihasilkan pada lemak lebih besar dibandingkan dengan yang dihasilkan pada karbohidrat dan protein. Oksaloasetat kemudian diubah menjadi fosfoenolpiruvat yang selanjutnya berjalan ke arah kebalikan jalur Embden-Meyerhof dan akhirnya akan menjadi glukosa.

Jalur yang dipakai dalam glukoneogenesis adalah modifikasi dan adaptasi dari jalur Embden-Meyerhof dan siklus asam sitrat.

HUBUNGAN ASUPAN KARBOHIDRAT, LEMAK, DAN SERAT DENGAN KADAR

Penyakit degeneratif menghinggapi semua manusia yang memasuki usia lanjut. Get link. Syaraf, medulla dari ginjal, testes, jaringan embriyo dan eritrosit memerlukan glukosa sebagai sumber utama penghasil energi.

Akan tetapi yang paling banyak diketahui adalah akibat kekurangan enzim uridil transferase reaksi 2.Tidak ada hubungan makin tinggi asupan Karbohidrat dan Lemak, maka makin tinggi Kadar Glukosa dan Kadar Krigliserida Darah.

5. Semakin tinggi asupan Serat semakin rendah Kadar Glukosa dan Trigliserida Darah. Mendeskripsikan hubungan antara metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein. A. Pendahuluan. Tubuh makhluk hidup layaknya sebuah mesin, memiliki alat-alat spesifik untuk melakukan kinerja yang spesifik pula.

Rutinitas makhluk hidup membutuhkan sejumlah energi yang dijadikan bahan baku utama sebagai penggeraknya. Energi yang dibutuhkan tersebut diperoleh dari dalam tubuh. Pada metabolisme karbohidrat pada manusia dan hewan secara umum, setelah melalui dinding usus halus sebagian besar monosakarida dibawa oleh aliran darah ke hati.

Di dalam hati, monosakarida mengalami sintesis menghasilkan glikogen, oksidasi menjadi CO 2 dan H 2O atau dilepaskan untuk dibawa dengan aliran darah kebagian tubuh yang memerlukannya sebagaimana digambarkan sbb.

Titik temu dari berbagai jalur metabolisme ini berguna untuk saling menggantikan “bahan bakar” di dalam sel, Hasil katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak juga bermanfaat untuk menghasilkan senyawa-senyawa lain yaitu dapat membentuk ATP, hormon.

Glikogen merupakan simpanan karbohidrat dalam tubuh dan analog dengan amilum pada tumbuhan. Glikogen terdapat didalam hati (sampai 6%) dan otot jarang melampaui jumlah 1%.Author: Admincmm.

Hubungan Metabolisme Karbohidrat Lemak Dan Protein Pdf. Kebutuhan pokok semua mahluk hidup; manusia, hewan dan tumbuhan untuk pertumbuhannya adalah makan dan minum, tanpa ini .

Hubungan metabolisme lemak dan karbohidrat dalam tubuh manusia pdf
Rated 5/5 based on 70 review